Beranda

Macam-Macam Transportasi dari Semarang ke Bandara Juanda Surabaya

Travel Dari Semarang Ke Bandara Juanda Surabaya - Buat Anda yang hendak berpergian ke Surabaya, tepatnya di Bandara Juanda, yang bermula dari Semarang, jangan bingung lagi, karena kami akan berbagi cara yang paling efektif untuk pergi ke Bandara Juanda.


Jika Anda berpergian sendiri atau membawa keluarga, ada 2 alternatif yang tepat, diantaranya:

1. Menggunakan Bus Patas/Ekonomi


Berpergian ke Bandara Juanda Surabaya akan lebih efisien apabila Anda menggunakan Bus. Sebab, Jarak dari Terminal Purabaya/Bungurasih (Pusat terminal bus di Surabaya) menuju ke Bandara Juanda sangatlah dekat. Mungkin hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Namun, perjalanan dari Semarang ke Terminal Purabaya membutuhkan waktu yang cukup lama, kurang lebih sekitar 7-8 jam, itu kalau berangkat pagi-siang-sore, kalau malam tentunya jauh lebih cepat lagi.

Ohya, jika dirasa bus menjadi pilihan tepat Anda, ada banyak sekali bus yang berlalu lalang dari Semarang ke Terminal Surabaya.

Via Pantura (Demak-Kudus-Pati-Rembang-Tuban)
Kelas PATAS: Indonesia/Jaya Utama, Sinar Mandiri Mulia, Jawa Indah.
Kelas Ekonomi: Widji Lestari, Indonesia/Jaya Utama, Sinar Mandiri Mulia.

Via Selatan (Bawen-Salatiga-Solo-Sragen) 
Kelas CEPAT:  EKA, Sugeng Rahayu
Kelas AC TARIF BIASA/EKONOMI AC: Sugeng Rahayu

Keduanya berangkat dari Terminal Terboyo Semarang.

Setiba di Terminal Surabaya, Anda bisa naik bus Damri medium warna silver untuk menuju ke terminal bungurasih. Tarifnya sekitar 20-30ribu. Alternatif lain bisa naik taxi, gojek, dan layanan taxi online lainnya.

2. Menggunakan Kereta API

Jika Anda memilih transportasi kereta API untuk menuju ke Bandara Juanda, Anda bisa lebih hemat waktu tempuh, karena dengan menggunakan moda transportasi kereta api, perjalanan hanya ditempuh dengan waktu 4 jam saja untuk tiba di stasiun Surabaya Pasar Turi, dimana stasiun ini khusus pemberhentian kereta api yang melewati jalur utara/pantura. Sangat tidak disarankan menggunakan jalur selatan karena waktu tempuh jauh lebih lama dibandingkan melalui jalur pantura.

Untuk pilihan kereta api, Anda tidak perlu bingung lagi karena kereta api  yang melalui dari Semarang ke Surabaya cukup banyak, kelasnya pun cukup lengkap, ada Ekonomi, Bisnis dan Eksekutif. Mengenai keberangkatan, ada 2 stasiun yang ada di Semarang, diantaranya St Semarang Poncol dan St Semarang Tawang

Yang disayangkan disini jarak dari Stasiun Surabaya Pasar Turi menuju ke Bandara Juanda memakan waktu yang cukup lama, kurang lebih sejam, berbeda dengan jarak terminal bungurasih menuju Juanda yang jaraknya tidak begitu jauh.

Setiba di Pasar Turi, Anda bisa naik bus kota jurusan Terminal Bungurasih, lalu oper bus Damri medium warna silver tujuan Bandara Juanda. Alternatif lain yang simple ya menggunakan taxi, uber, gojek. 


3. Menggunakan Bus Pariwisata ?

Jika dari Semarang ke Surabaya atau sebaliknya, Anda membawa rekan-rekan/keluarga Anda yang jumlahnya lebih dari 15 orang, kami sarankan untuk menggunakan armada bus pariwisata saja, karena cukup merepotkan apabila pakai armada line, kurang nyaman.

Jika hanya sekedar antar jemput saja, kami menyediakan armadanya, baik itu bus besar/kecil maupun elf.  Silahkan baca keterangan dibawah ini

  • Antar Semarang - Surabaya (Non Jemput Hanya Antar Saja) - Call 0818 - 0322 - 0218
  • Antar Surabaya - Semarang (Non Jemput Hanya Antar Saja) Call 0818 - 0322- 0218
  • Antar Surabaya - Semarang PP (Tolak / Nginap) Call 0818 - 0322- 0218
  • Antar Semarang - Surabaya PP (Tolak / Nginap) Belum Tersedia

Semua bus kami sediakan dari Surabaya, itulah mengapa kalau Semarang Surabaya PP kami tolak (lihat keterangan) , bisa dikira-kira, besar diongkos kalau ambil dari Surabaya. Kalau untuk keterangan yang lain, masih bisa dijangkau.

Adapun armada yang kami sediakan sebagai berikut:

  • Big Bus Isi 59 (+1 Kursi TL) // Jetbus HD , Jetbus 2, Jetbus 2 Setra, Jetbus SHD
  • Medium Bus Isi 31 dan 36 // Jetbus MD (Keluaran 2014-2016)
  • Elf Long Isi 20

Sedikit catatan, untuk mendapatkan armada yang sesuai keinginan, silahkan booking jauh-jauh hari minimal 1-2 bulan sebelum hari H, kalau booking mepet akibatnya dapat armada yang "sak onone", ya bisa dikira-kira lah :)

Artikel keren lainnya:

2 Tanggapan untuk "Macam-Macam Transportasi dari Semarang ke Bandara Juanda Surabaya"